Monday 5 October 2015

PENGGUNAAN APLIKASI SIMPATIKA (SIAP ONLINE)

Kepada Yth.
Kepala RA/BA, MI, MTs, MA
Di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Gunungkidul

Assalamu’alaikum wb.wb.
Menindak lanjuti  surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/PP.00.6/3541/2015 Tanggal 25 September 2015 Perihal Penggunaan Sistem Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah kami sampaikan hal hal sebagai berikut.
1.       Direktorat Pendidikan Madrasah akan menggunakan SIMPATIKA (Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama) berbasis pada aplikasi SIAP online untuk pendataan seluruh PTK pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah. Simpatika dapat diakses melalui http://kemenag.siap.id/:
2.       Menginstruksikan kepada seluruh PTK di RA/BA, Madrasah saudara untuk melakukan pemutakhiran data PTK melalui Aplikasi SIMPATIKA untuk semester I tahun pelajaran 2015/2016.
3.       Proses keaktifan dilaksanakan secara mandiri dan berjenjang sesuai dengan prosedur yang berlaku di Kementerian Agama meli[uti : Ajuan Individu, Isian Jadwal Kelas Mengajar, Ajuan Kolektif  dan Cetak Kartu Digital.
·         Pengajuan Keaktifan Individu melaluiLogin PTK dengan tahap updating data individu cetak S12 (jika ada data yang berubah)
·         Isian Jadwal kelas melalui Akun Operator yang saat ini ada di Akun Kepala Madrasah.
·         Pengisian Siswa per kelas.
·         Pengajuan Keaktifan Kolektif Melalui Akun Kepala Madrasah.
·         Verval NRG
·         Pencetakan Kartu digital olh Masing masing PTK setelah Keaktifan Kolektif di setujui Admin Dikmad.
4.       Hasil Pemutakhiran data melalui layanan SIMPATIKA akan digunakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah sebagai dasar dalam melaksanakan program program terkait pengembangan kualitas PTK meliputi: Tunjangan Profesi, Fungsional, Diklat, PKG, dan Verval NRG.
5.       Implementasi SIMPATIKA akan diintegrasikan dengan EMIS dan DAPODIK pada Ditjen GTK Kemdikbud.


No comments:

Post a Comment

Labels